scribo ergo sum

Sabtu, 19 April 2008

Senja di Ruang Joglo

21:45 Posted by wiwien wintarto 11 comments
Ada yang beda di taman pekarangan Ruang Joglo kompleks SMK Negeri 11 Semarang sepekan terakhir ini. Tiap sore mulai pukul 15.30 WIB, taman berumput yang asri, teduh, dan lapang itu dipenuhi para ABG keren-imut yang sibuk berlatih akting, penghayatan, serta hapalan dan pelafalan dialog.
Mereka adalah para cast alias pemeran di FTV Hujan di Hati Stephie besutan Mas Handry TM. Satu demi satu mereka bermunculan, mulai dari Sella, kemudian Deli, Zella, Putra, dan juga Laras. Bareng-bareng mereka dilatih oleh Om Diek Soesanto, salah seorang tokoh seni peran Kota Semarang yang pernah ikut terlibat dalam proses produksi banyak judul sinetron Ibukota.

Sella sendiri adalah murid kelas XII SMA 3 Semarang yang anggota Geng Kantin Banget Suara Merdeka. Aku sudah lama kenal cewek cantik satu ini. Deli dan Zella adalah para model dari Exis’t Bayu Ramli. Mereka pernah jadi kover Majalah Gradasi. Deli untuk edisi November 2007, sedang Zella edisi Februari dan Maret 2008.
Laras muncul agak belakangan. Doi adalah anggota ekskul teater SMK 11 yang setelah dites oleh Om Diek ternyata memiliki skill akting paling brilian. Satu yang aku belum kenal adalah Putra. Belakangan, dia ngajak satu temannya yang bernama Ryan untuk ikut bergabung di daftar cast.
Latihan-latihan di Ruang Joglo berlangsung serius tapi rileks dan seru. Sengaja dipusatkan di SMK 11 karena bagaimanapun ini kan produksinya Majalah Gradasi. Dan lagian, kalo diadakan di kantor SM di Jalan Kaligawe pasti repot banget karena harus berhadapan dengan banjir dan rob. Tiap sesi latihan diawasi oleh Mas Handry, Mas Budi Maryono alias Om Daktur yang jadi produser, dan Pak Bowo Wasono (Direktur UP Gradasi) yang juga jadi produser. Kru Majalah Gradasi seperti Dewi (Redpel), Dhiyan, dan Iin menjadi seksi sibuk nyiapin segala perlengkapan latihan termasuk snek dan minum. Sedang Okta dan aku ikut sibuk pula merekam proses latihan untuk bahan klip The Making of… atau Behind the Scene-nya nanti.
Di foto di atas nampak kesibukan semua cast dan kru saat latihan hari Senin 14 April 2008 lalu. Dari kiri ke kanan adalah Om Diek, Okta yang lagi ngontrol kamera, Om Daktur yang sedang motret para pemeran, aku yang entah lagi melihat apa aku sendiri nggak inget, serta duo kiyut Sella dan Zella yang lagi tertawa riang gembira.
Kamera yang dipakai Okta adalah properti Jurusan Multimedia SMK 11. Kebetulan kan dia kelas II Multimedia, jadi proyek ini sekalian jadi ajang latihan gratis buat dia dan teman-temannya.
Dan karena kru g-Mag wataknya aneh-aneh, ada saja yang terjadi selama latihan. Mulai dari Iin dan Dhiyan yang cerewet minta ampun sampai bikin Om Daktur heran, Okta yang mau minta roti tapi malu, Om Daktur yang malah lebih sering motret Okta daripada para pemeran, sampai sifat penakut Dewi yang selalu jadi target kejahilanku bareng Okta.
Terlebih acara latihan pasti berlangsung sampai magrib, dan trio Dewi-Okta-aku selalu jadi yang paling akhir meninggalkan TKP karena harus mengembalikan kamera, mengunci ruang Redaksi, dan mengembalikan kunci ke Pak Jurukunci. Tiap kali suasana mendukung, cukup dengan suara ketawa mengikik atau menyebutkan kata “pocong”, “kuntilanak”, atau “arwah penasaran”, Dewi pasti udah langsung menjerit sambil lari terbirit-birit!

Sella
Akhirnya, setelah melalui serangkaian pengamatan dan seleksi, alokasi peran pun ditetapkan. Pemeran si tokoh utama Stephie adalah Sella, Lukas dimainkan Putra, Deli kebagian peran jadi Odi, dan Zella sebagai Fany. Yang lucu adalah Laras. Karena aktingnya oke sementara jatah karakter udah habis, terpaksa kita harus bikin karakter baru di dalam cerita untuk diperankan olehnya.
Setelah seluruh kegiatan reses hari Selasa, Rabu, dan Kamis (22-24/4) ini karena Sella ikut Uanas, syuting pertama akan dibuka Kamis-nya (tanggal 24) berlokasi di Klipang. Hari Sabtu (19/4) sore, semua pemeran utama menjalani sesi pemotretan di Studio 2000, Jl MT Haryono, Semarang, untuk kover g-Mag bulan Mei dan juga poster film. Okta dan aku juga ikut pose. Aneh banget rasanya! Lha, wong biasanya nggak pernah difoto gegayaan…

11 komentar:

  1. ehm...
    mas wiwin..
    saiya minta YM,FS, ama nomer HP pemeran utama wanitanya...
    klo perlu alamat rumahnya
    saiya tunggu segera urgent..
    wekekekekekek :D

    BalasHapus
  2. gini aja h4rs, biar nanti sella aja yang ngontak kamu. gakpapa kan?

    BalasHapus
  3. Aku juga minta dong...

    BalasHapus
  4. Aku mbaleni (nambahi) komen karena taksawang2 ada yang sentimen. Kok cuma aku yang tampak muka? Ggggrrrrhhhhh...

    BalasHapus
  5. Mana diriku, koq nggak nongol, padahal tiap latihan juga nyanggongin loh. Eh, skenarionya dipoles abis ya, biar Laras bisa ikutan main...

    BalasHapus
  6. bm & htm: nanti aja nampangnya di behind the scene bareng aku, hehe...
    siap memoles skenario!

    BalasHapus
  7. aku juga gak adaaaaaa...masak cuma nama! udah gitu tulisane pedot-pedot lagi....waaaaa currrrraaaaangggg!!!! tapi seingetku itu aku yang moto ya? pantesan gak ada, nasib....

    BalasHapus
  8. eh ternyata tulisane gak pedot-pedot...td cm error hehehehe..

    BalasHapus
  9. kok mas wien nggak ikutan jadi pemeran utama? gumana ya kalau liha5t mas wien akting? pasti seru!

    BalasHapus
  10. Anonim13.22

    aduh, sayang banget aku gak sempat nonton. Pas itu lagi pulang kampung. gimana nih, ada CDnya gak Mas? yang aseli Lho. atau mau putar ulang lagi? salut aku ma kerja semua krunya.

    BalasHapus
  11. to salim: Minggu 15 Juni 08 masih main lagi, jam 12 siang. don't miss it! soal CD, aku juga sedang nunggu kopiannya dari sutradara

    BalasHapus