scribo ergo sum

Sabtu, 03 Maret 2018

Colorful dan Penuh Humor

11:43 Posted by wiwien wintarto No comments
(Foto: marvel.com)
Menyaksikan Thor: Ragnarok adalah seperti masuk ke sebuah mal untuk menikmati segala hal yang elegan dan menjumpai bahwa hari itu ternyata sedang ada pameran atau expo atau apa pun. Intinya, kita menemukan diri kita berada di tengah sebegitu banyak hal menarik yang semuanya layak dicoba dan tak ada salahnya pula semua dibeli untuk dibawa pulang.

Mengenai Thor, kita semua sudah tahu. Dia sendiri karakter superhero yang menarik. Dan dua seri sebelumnya, Thor (2011) serta Thor: The Dark World (2013), semuanya sukses hadir sebagai tontonan yang menarik. Ekspektasi kita pun sama tinggi saat mulai nonton Ragnarok. Ternyata, sutradara Taika Waititi bisa melampaui tingkatan ekspektasi itu. Ia sukses menyuguhkan masakan yang lebih dalam segala aspek.
Cerita Ragnarok terjadi dua tahun sesudah peristiwa di Sokovia dalam Avengers: Age of Ultron (2015). Thor (Chris Hemsworth) harus mencegah ramalan Ragnarok, yaitu kiamatnya Asgard oleh iblis api Surtur. Ia berhasil mengalahkan Surtur, sehingga berpikir Ragnarok tak akan terjadi. Ternyata kehancuran Asgard benar-benar terjadi, dimulai dari meninggalnya Odin (Anthony Hopkins), bapaknya Thor dan Loki (Tom Hiddlestone).
Kepergian Odin melepas penjara yang selama ini mengurung Hela (Cate Blanchett). Dia adalah anak sulung Odin, dari zaman ketika Odin masih haus darah dan kekuasaan. Sejarah keberadaan Hale dipendam begitu Odin menerima hidayah dan menjadi raja baik-baik. Hela yang dendam karena merasa tersingkir kemudian menghabisi Thor dan Loki untuk menduduki tahta Asgard. Ia juga membangkitkan pasukan kegelapannya serta piaraannya, serigala raksasa Fenis.
Palunya dihancurkan Hela, Thor yang helpless terlempar dari gerbang antardimensi dan jatuh ke planet tempat sampah Sakaar yang dikuasai Grandmaster (Jeff Goldblum). Ia jadi tawanan petugas rosok Grandmaster berkode Scrapper 142 (Tessa Thompson) dan kemudian dijadikan gladiator untuk melawan jagoan Grandmaster yang tak lain adalah Hulk (Mark Ruffalo).
Mengetahui bahwa 142 adalah eks anggota Valkyrie (pasukan khusus cewek pengawal Odin), Thor kemudian mengajaknya balik ke Asgard untuk menggulingkan Hale. Dibantu Hulk yang sudah sadar, mereka pun kemudian bersatu membentuk tim Revengers menantang perempuan itu. Dan satu-satunya cara yang terpikir oleh Thor untuk melenyapkan Hale adalah dengan membuat Surtur bisa bangkit lagi untuk mewujudkan ramalan soal Ragnarok.
Sebagaimana film-film MCU (Marvel Cinematic Universe) lainnya, Ragnarok juga tampil elegan dalam semua unsur. Akting Hemsworth, Hiddlestone, dan Goldblum begitu pas; efek spesial dan animasi hasil olahan ILM (Industrial Light & Magic) mencengangkan; dan skenario buatan Craig Kyle & Christopher Yost menghadirkan rangkaian momen dan dialog yang cerdas.
Selain itu, ada rute berbeda yang ditempuh Waititi dan membedakan Ragnarok dari dua judul seri Thor sebelumnya. Bila Thor dan The Dark World terasa begitu megah dan serius, Ragnarok jauh lebih mirip seri Guardians of the Galaxy: colorful dan penuh humor. Belum pernah sebelumnya ada kejadian semacam Thor melempar bola untuk memecah kaca tapi bolanya malah mental balik dan menghantam mukanya sendiri sampai jungkir balik mengenaskan.
Thor sendiri tampil pula dengan karakter yang diperbarui. Trade mark-nya, yaitu palu Mjolnir, tak ada lagi. Kostumnya juga beda, tak lagi berjubah melainkan lanjut menggunakan seragam tempur yang dipakai saat duel melawan Hulk di arena gladiator. Selain itu rambutnya juga baru, hasil cukuran dari tokoh tukang cukur yang diperankan Stan Lee dalam peran cameo rutinnya.
Namun bagi fans MCU sepertiku, hal paling menarik tentu adalah interaksi antarsuperhero yang terus saling bersilangan di setiap judul-judul film atau serial TV franchise satu ini. Tak hanya ada Hulk ikut serta, Ragnarok menghadirkan pula Dr Strange (Benedict Cumberbatch) sebagai cameo. Pakar mistik itu membantu Thor dan Loki mempertemukan mereka dengan Odin yang ia sembunyikan di Norwegia.

Dan April nanti, mereka semua akan bertemu Iron-Man, Spider-Man, Ant-Man, Steve Rogers (sudah tidak lagi jadi Captain America), Black Widow, Hawkeye, Black Panther, serta geng Guardians of the Galaxy di Avengers: Infinity Wars yang trailer-nya sudah beredar. Ada mesin waktu untuk membawaku maju ke bulan April?

0 komentar:

Posting Komentar